Senin, 03 Agustus 2015

Kegiatan Bimbingan Belajar


Suasana Bimbingan Belajar
Bidang Pendidikan menjadi salah satu program kerja mahasiswa KKN Terpadu Dukuhsari. Program yang menjadi unggulan di bidang Pendidikan adalah Bimbingan Belajar. Dalam hal ini yang bertugas sebagai pengajar / guru adalah para mahasiswa KKN bidang Pendidikan. Bimbingan ini diharapkan dapat membatu para orang tua yang sibuk bekerja / yang kesulitan dalam memberikan pelajaran kepada putra/putrinya. Dalam hal ini Bimbingan belajar mengajar merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar.
Dalam proses interaksi tersebut dibutuhkan komponen pendukung (ciri-ciri interaksi edukatif) yaitu Interaksi belajar mengajar memiliki tujuan yakni untuk membantu anak dalam suatu perkembangan tertentu. Interaksi belajar mengajar sadar tujuan, dengan menempatkan siswa sebagai pusat perhatian siswa mempunyai tujuan, Ada suatu prosedur (jalannya interaksi) yang direncanakan, didesain untuk mencapai tujuan yang telah dilaksanakan. Dalam melakukan interaksi perlu adanya prosedur, atau langkah-langkah sistematik yang relevan, Interaksi belajar mengajar ditandai dengan satu penggarapan materi yang khusus. Materi didesain sehingga dapat mencapai tujuan dan dipersiapkan sebelum berlangsungnya interaksi belajar mengajar, Ditandai dengan adanya aktivitas siswa. Siswa sebagai pusat pembelajaran, maka aktivitas siswa merupakan syarat mutlak bagi berlangsungnya interaksi belajar mengajar, Dalam interaksi belajar mengajar guru (dalam hal ini adalah para mahasiswa KKN yang bertugas sebagai pengajar) berperan sebagai pembimbing. Guru memberikan motivasi agar terjadi proses interaksi dan sebagai mediator dan proses belajar mengajar, dalam interaksi belajar mengajar membutuhkan disiplin. Langkah-langkah yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan, Ada batas waktu. Setiap tujuan diberi waktu tertentu, kapan tujuan itu harus dicapai, Unsur penilaian. Untuk mengetahui apakah tujuan sudah tercapai melalui interaksi belajar mengajar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pukul 18.00 WIB dan berkumpul di kediaman Ibu Yek bertempat di RW. 4 yang sekaligus menjadi posko kelompok kami. Sebanyak 4 Mahasiswa KKN yang bertugas sebagai pengajar pada kegiatan ini dan diikuti oleh beberapa murid sekolah dasar yang berada diluar / disekitar posko kami.


Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © KKN DUKUHSARI | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑