Rabu, 26 Agustus 2015

Meriahnya Karnaval 17-an Desa Dukuhsari bersama Tim KKN-T UMSIDA

Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-70, warga Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, melaksanakan salah satu acara rutinnya, yakni karnaval budaya, Dalam karnaval tersebut, kami dilibatkan sebagai tim penilai dan tim keamanan, Parade karnaval budaya ini Start dan Finish berlokasi di Balai Desa Dukuhsari dan diikuti lebih dari 40 kontingen. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, karnaval ini diisi oleh berbagai kegiatan kebudayaan diantaranya adalah Reog, Drum Band, dan lain sebagainya. Namun, ada satu hal yang berbeda pada karnaval tahun ini, yaitu karnaval dimeriahkan oleh mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang terdiri dari 24 Mahasiswa KKN kecamatan Jabon Sidoarjo. Pada acara tersebut, Mahasiswa melakukan aksi sosial yang menyerukan bahwa kita harus peduli pada kesejahteraan rakyat, pendidikan, melestarikan budaya dan menjaga lingkungan serta kesehatan.





Desa Dukuhsari secara demografi terletak di jalur Selatan Sungai Porong . Desa ini memiliki keanekaragaman budaya yang ramah dan religius. Masyarakat Dukuhsari memiliki tradisi yang digelar setiap tahunnya yaitu karnaval para siswa sekolah tingkat dasar atau Instansi – instansi pemerintahan setempat menyebut kegiatan tersebut sebagai 'arak-arakan'. Tradisi unik di desa ini dilaksanakan setiap memasuki Hari Peringatan Kemerdekaan RI guna mengenang masa – masa meraih kemerdekan Indonesia. Pagelaran karnaval atau arak-arakan dilakukan secara bergantian oleh masing-masing Instansi atau sekolah yang didukung tim marching band dan tentunya para anggota masyarakatnya.
Dalam aksinya, mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Sidoarjo sangat antusias dan semangat ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya, Totalitas Perjuangan dan Darah Juang dimana saat berjalannya aksi juga dilakukan orasi oleh beberapa mahasiswa. Sesampainya di panggung kehormatan yang dihadiri oleh beberapa pejabat desa seperti Kepala Desa Dukuhsari dan undangan lainya peserta aksi melakukan orasi dan teatrikal puisi guna menyampaikan aspirasi kepada pemimpinnya untuk harapan ke depan.
“Ini adalah momen yang sangat tepat dimana kita sebagai mahasiswa melakukan aksi sosial disaat karnaval budaya berlangsung, karena ketika mereka bertampil dengan segala bentuk budaya kita bisa bertampil beda dengan mengajak semuanya untuk peduli dengan masalah pendidikan, pekerjaan, kebudayaan, dan lingkungan serta kesehatan”. Ujar koordinator aksi Wahid, yang juga sebagai koordinator KKN Desa Dukuhsari.
Aksi sosial ini mendapat apresiasi positif dari para Pejabat Desa yang hadir dan diakhiri foto bersama dengan Bapak dan Ibu Kepala Desa Dukuhsari. Mereka berharap kegiatan ini merupakan awal bagi perubahan mindset di masyarakat desa untuk semakin peduli dengan Budaya dan Lingkungan. 
 
Berikut adalah dokumentasi Karnaval:

















Categories: , , , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Copyright © KKN DUKUHSARI | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑